BERBAKTI UNTUK NEGERI MELALUI DONOR DARAH

NimaIMG00398-20130520-1008

Suasana Gedung Serba Guna (GSG) FIK Unnes pada Senin (20/05/13) terlihat lebih ramai dari biasanya. Pada hari ini digelar kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (BEMFIK) yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Semarang. Donor darah ini merupakan salah satu bentuk bakti sosial dari BEMFIK dan direncanakan untuk dilaksanakan secara rutin setiap enam bulan sekali. Donor darah kali ini dihadiri oleh seluruh civitas FIK, mulai dari mahasiswa yang baru selesai menghadiri kuliah, dosen, hingga satpam kampus.

Kebanyakan peserta donor darah tampak cukup santai dalam mendonorkan darahnya. Meskipun demikian, ada beberapa yang baru pertama kali mendonorkan darahnya dan terlihat agak tegang. Beberapa orang juga ada yang ingin mendonorkan darahnya, tetapi tidak bisa karena tidak memenuhi persyaratan. Persyaratan ini antara lain tekanan darah tidak normal, belum sarapan, kurang tidur, atau pernah meminum obat dalam beberapa hari terakhir.

Beberapa mahasiswa yang gagal mendonorkan darahnya pada hari ini justru semakin terpacu untuk memiliki badan yang lebih sehat. “Pokoknya lain kali harus bisa ikut donor. Harus lebih jaga kesehatan,” ujar Laras Prasetyawati (Ilmu Kesehatan Masyarakat 2011). Selain itu ada pula mahasiswa yang sudah rutin mendonorkan darahnya, seperti Saiful Millah (Pendidikan Kepelatihan Olahraga 2012). “Saya cukup rutin mendonorkan darah dari SMA. Ini sudah kali ketujuh,” ujar Saiful.

“Acara ini merupakan bentuk bakti sosial dari BEMFIK yang target utamanya adalah para mahasiswa UNNES,” ujar Nima Lailawati, selaku ketua panitia donor darah dari BEMFIK, “Di sini kita ingin meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa karena saat ini saja PMI butuh banyak darah misalnya untuk membantu korban kecelakaan, melahirkan, demam berdarah, transfusi, dan operasi.”

Menurut Nima, bentuk bakti sosial berupa donor darah dilakukan karena ini merupakan bentuk bakti sosial paling mudah dan murah. “Donor darah merupakan salah satu bentuk bakti sosial yang paling murah, karena kita memberikan apa yang sudah kita miliki dari awal yaitu darah. Selain itu dengan mendonorkan darah kita juga sekaligus dapat mensyukuri nikmat kesehatan dari Tuhan,” ujar Nima menambahkan.

About bemfikunnes

-BEM sebagai organisasi yang bermitra dengan mahasiswa -Membangun koordinasi dan relasi antar lembaga di FIK Unnes yang harmonis demi tercapainya kemajuan bersama -Menumbuh kembangkan minat, bakat, dan potensi mahasiswa FIK Unnes melalui peningkatan apresiasi terhadap sportivitas, kreatifitas, dan kapabilitas mahasiswa FIK Unnes
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s